Selasa, 12 April 2016

Liga Maskot Moe ala Indonesia, Nusaimoe.

Halo, Minna san! Kebayang gak kalau ada pertandingan maskot dari suatu perusahaan dan/atau komunitas secara daring dimana maskot yang dipertandingkan akan dipilih oleh para netizen (yang umumnya adalah para moe lovers)? Ada sih, namanya International Saimoe League. Yaitu sebuah liga yang mempertandingkan beberapa maskot moe untuk dinobatkan menjadi maskot paling moe seluruh jagat. Kini di Indonesia ada loh!! Namanya tidak lain dan tidak bukan adalah.... Liga Nusaimoe! *insert applause here.
Buat ente yang kaga tahu apa itu Nusaimoe. Gue, Bagas kasih tahu, oke?!

Nusaimoe itu pada prinsipnya sama kayak Saimoe. Yaitu liga pencarian maskot paling 'moe' dari 64 maskot dari organisasi kreatif dan variatif di Indonesia. Mirip dengan SaiMoe, sebuah liga polling karakter maskot moe yang dipertandingkan secara daring. Nusaimoe ini mengumpulkan kembali komunitas kreatif se-Indonesia yang telah dikenal dan menyebar hingga mempertandingkan karakter maskot yang telah dibuat sejak lama hingga yang kayak baru-baru ini dibuat oleh mereka sebagai sebuah Eye-candy yang tujuannya adalah mengundang orang-orang untuk daftar atau cuman sekedar bekunjung.

Tapi, Tujuan Fundamental dari Nusaimoe ini tidak semata-mata menunjukkan tingginya reputasi suatu komunitas yang diukur dari seberapa moe-kah maskot yang diciptakan. Melainkan untuk mengenalkan sebuah organisasi/komunitas kreatif ke khalayak ramai, dan juga untuk menunjukkan kemampuan kreativitas dalam menciptakan konten hingga produk kreatif yang berdaya saing.

Secara format, Nusaimoe mengambil konsep seperti kompetisi sepak bola yang terdiri dari dua tahap, yaitu tahap Divisi dan Gugur. Tahap divisi yang seperti sekarang ini mempertandingkan 64 maskot yang terbagi atas empat Divisi. Empat divisi tersebut namanya berasal dari bunga-bunga ikonik ala Indonesia. Yaitu Cempaka, Kamboja, Kenanga, dan Melati. Setiap minggunya para maskot dari setiap divisi yang masing-masing divisi berisi 16 maskot siap tempur akan saling berlomba hingga memperebutkan tempat teratas hingga minggu terakhir fase Divisi yang menyediakan 16 maskot terbaik dari empat divisi yang berbeda.

Berikut adalah divisi-divisi dan maskot-maskot yang beraksi di Nusaimoe.

Cempaka

Kamboja


Kenanga

Weeyy... Ada Remi Dia (RPGMakerID) dan Shimako-chan (Jurnal Otaku Indonesia) masuk
ke Nusaimoe! Dukung ya!

Melati


Setelah melewati tahapan Divisi hingga tersisa enam belas maskot terbaik. Para maskot akan melewati Fase Gugur. Fase gugur merupakan fase yang mempertandingkan dua maskot seperti layaknya turnamen. Siapa yang mampu mendapatkan polling tertinggi akan dipastikan maju dan yang lebih dikit akan dieliminasi. Dan siklus ini akan berulang hingga tersisa satu maskot pemenang.

Begini nih sistemnya kalau masih kaga mudeng.

Eh, untuk info, berita, dan lain-lain, silahkan main-main ke Fanpage Nusaimoe. Dan untuk bertanya-tanya seputar Nusaimoe baik dari pertandingan, maupun ingin berkampanye di Fanpage Nusaimoe, bisa tanya ke adm.nusaimoe@gmail.com

Akhir kata dari ane. Semoga Nusaimoe untuk musim depan lebih baik dan lebih pol dibanding musim ini dan musim-musim sebelumnya. Dan semoga semua maskot yang beraksi di sini mendapatkan yang terbaik untuk Indonesia terutama di zaman Masyarakat Ekonomi Asean. Amin.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya....